Uji Publik Ranperda Pengelolaan Zakat

Berita

DPRD Kota Tanjungpinang melakukan uji publik Naskah Akademik Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang Pengelolaan zakat di Senggarang, senin (28/06/2017).

Peraturan Daerah (Perda) Pengelolaan Zakat merupakan salah satu Perda inisiatif DPRD Kota Tanjungpinang tahun 2017, selain Perda disabilitas dan kawasan bebas asap rokok.

Pembahasan uji publik tersebut dipimpin langsung Wakil Ketua I DPRD Kota Tanjungpinang, Ade Angga didampingi Ketua Komisi I, Maskur Tilawahyu dan dihadiri anggota DPRD, Ismiyati, Hendi Amerta, Rika Adrian serta Pimpinan BAZNAS Kota Tanjungpinang

Menurut Ade Angga, Ranperda ini sangat penting karena sebanyak 78 % penduduk Tanjungpinang beragama Islam (Data BPS 2014). Bahkan yang lebih penting lagi, Zakat merupakan salah satu rukun Islam.

“Perda ini nantinya harus diperkuat dan diperkokoh oleh Baznas, maka perlunya dibentuk badan hukum berupa Perda. Semoga Perda ini nanti dapat bermanfaat dan dilaksanakan oleh Pemerintah Kota Tanjungpinang,” ujar Ade Angga.

Sementara itu, Ketua BAZNAS Kota Tanjungpinang, Drs, Muqtafin, menyampaikan bahwa zakat merupakan kewajiban bagi seluruh umat islam, bahkan banyak ayat didalam Al-Quran yang selalu menggandengkan ayat sholat dengan zakat. Ini menunjukkan bahwa posisi zakat sama pentingnya dengan sholat. Bahkan, kalau boleh dikatakan “sholat yang dilakukan tidak akan sempurna jika tidak mengeluarkan zakat”

Beliau juga mengatakan, Jangan takut miskin kalau Anda bayar zakat, Justru dengan Anda berzakat, maka harta Anda akan menjadi berkah, keberkahan yang diberikan oleh Allah SWT itu akan mengakibatkan keberkahan kepada hidup kita.

“Potensi zakat di kota kita ini sangat besar, oleh karena ini semua elemen baik itu masyarakat, pemerintah, tokoh agama harus terlibat dalam menyukseskannya” tambah ketua BAZNAS.

Hal ini juga senada dengan apa yang disampaikan oleh Ketua Komisi I, Maskur Tilawahyu, dengan lahirnya Perda ini nanti diharapkan memberikan manfaat yang lebih besar lagi bagi masyarkat kota Tanjungpinang.

Dalam kegiatan ini, turut hadir juga perwakilan dari UPZ SKPD Kota Tanjungpinang dan pengurus masjid. Mereka mengapresiasi Ranperda ini dan berharap segera menjadi Perda.  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *