BAZNAS Kota Tanjungpinang

Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) adalah lembaga pemerintah non struktural yang dibentuk berdasarkan Undang-undang Nomor 23 Tahun 2011 dan Peraturan Pemerintah Nomor 14 Tahun 2014 yang memiliki tugas dan fungsi menghimpun dan menyalurkan zakat secara nasional.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2011 Tentang Pengelolaan Zakat Pasal 6, Badan Amil Zakat Nasional merupakan lembaga yang berwenang melakukan tugas pengelolan zakat secara nasional. Selanjutnya Pasal 7 ayat (1) Dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud dalam Pasal 6, BAZNAS menyelenggarakan fungsi: (a) perencanaan pengumpulan, pendistribusian, dan pendayagunaan zakat; (b) pelaksanaan pengumpulan, pendistribusian, dan pendayagunaan zakat; (c) pengendalian pengumpulan, pendistribusian, dan pendayagunaan zakat; dan sedekah (ZIS).

Sedangkan BAZNAS kota Tanjungpinang dibentuk berdasarkan keputusan walikota Tanjungpinang Nomor 11 Tahun 2011 sebagai tindak lanjut atas keputusan Dirjen Bimas Islam Nomor DJ.II/568/Tahun 2014. Hingga saat ini, tercatat bahwa BAZNAS Kota Tanjungpinang telah mengalami pergantian pengurus sebanyak 2 kali periode. 

Pada tanggal 11 Maret 2016, telah dilantik oleh Walikota Tanjungpinang , H. Lis Darmansyah, SH 5 orang Pimpinan BAZNAS Kota Tanjungpinang Periode 2016 – 2021 yang diketuai oleh Bapak Drs.Muqtafin,M.Pd.