Pembentukan Baznas Tanggap Bencana (BTB) Tanjungpinang

Berita

BAZNAS Kota Tanjungpinang mengirimkan beberapa orang yang tergabung dalam BAZNAS Tanggap Bencana (BTB) Kota Tanjungpinang menjadi peserta pelatihan Manajemen Bencana Tingkat Dasar BAZNAS Tanggap Bencana (BTB) yang dilaksanakan oleh BAZNAS Provinsi Kepulauan Riau bersama BAZNAS Tanggap Bencan (BTB) Pusat di Pantai Mirota, Batam, Selasa (3/9/2019).

Dalam sambutannya, Ketua BAZNAS Provinsi Kepulauan Riau Ust. H.Mustamin Husain mengatakan selain menghimpun dana zakat, infaq dan sedekah dari masyarakat, BAZNAS Provinsi Kepulauan Riau juga ingin memiliki kontribusi secara langsung membantu masyarakat yang terkena bencana. Dengan adanya pelatihan ini, beliau  berharap akan terbentuk tim yang mampu membantu masyarakat yang terkena bencana, baik ketika bencana terjadi ataupun pascabencana. “Melalui pelatihan ini, diharapkan para anggota BTB juga memiliki fungsi keagamaan, bisa memberikan spirit, motivasi sosial, serta berfungsi untuk membentengi aqidah para korban bencana dari hal atau keyakinan yang menyimpang”, ujarnya

Pelatihan ini dibuka secara resmi oleh Asisten ll Bidang Ekonomi Sekretariat Daerah Provinsi Kepri Bapak Syamsul Bahrum, ditandai dengan prosesi penyematan lencana (pin) BTB secara simbolis kepada Komandan BTB Provinsi Kepulauan Riau. Dalam sambutannya, beliau menyambut baik acara pelatihan ini.  Melalui pelatihan ini Syamsul berharap akan semakin meningkatkan wawasan dan keterampilan para peserta sebagai tambahan potensi sumberdaya kesiap-siagaan di Kepri. Sehingga, Kepri menjadi lebih tangguh dalam penanggulangan dan pengurangan risiko bencana.

Para peserta pelatihan akan mengikuti kegiatan ini selama 3 hari, dimana Pada hari pertama pelatihan, peserta mendapatkan materi seputar pengurangan risiko bencana dan Teknik foto dalam kebencanaan yang disampaikan oleh tim BAZNAS Tanggap Bencana Pusat. Selanjutnya kegiatan hari kedua diisi dengan pemberian materi seputar cara melakukan kaji cepat dan simulasi tanggap darurat yang disampaikan oleh BPBD, materi serta praktik Pertolongan Pertama Gawat Darurat (PPGD) oleh PMI, serta latihan Teknik penyelematan dalam air (water rescue) dengan BASARNAS sebagai instrukturnya. Sedangkan pada hari ketiga, peserta pelatihan diminta untuk merangkum dan menjelaskan kembali seluruh materi yang telah didapatkan selama pelatihan.

Simulasi Pertolongan Terhadap Korban Patah Tulang
Simulasi Penyelamatan di air

Kegiatan pelatihan manajemen bencana tingkat dasar ini ditutup dengan pelantikan Komandan dan wakil Komandan BAZNAS Tanggap Bencana Provinsi Kepulauan Riau oleh Ketua BAZNAS Provinsi Kepulauan Riau. Pelantikan Komandan ini juga menandai resmi dibentuknya BAZNAS Tanggap Bencana Provinsi Kepulauan Riau. Setelah dibentuknya BAZNAS Tanggap bencana Provinsi Kepulauan Riau, dilanjutkan pembentukan BAZNAS Tanggap bencana Kabupaten/kota se-provinsi Kepulauan Riau, termasuk BAZNAS Tanggap Bencana (BTB) Kota Tanjungpinang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *