Distribusi Dana Zakat Tahun 2018

Berita

Bertempat di Masjid Agung Al Hikmah, Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kota Tanjungpinang menyalurkan dana zakat periode Maret 2018 kepada Mustahiq se- Kota Tanjungpinang.

Penjabat (Pj.) Walikota Tanjungpinang, Drs. Raja Ariza, MM, menyampaikan apresiasinya kepada BAZNAS Kota Tanjungpinang. “Saya mengapresiasi kepada BAZNAS yang telah melaksanakan kegiatan ini dan telah berperan aktif untuk kemaslahatan umat di Kota Tanjungpinang.”

Ketua BAZNAS Kota Tanjungpinang, Drs. Muqtaffin, M.Pd, dalam laporannya menyampaikan pendistribusian ini disejalankan dengan peringatan Milad ke-3 BAZNAS Kota Tanjungpinang. Selama 2 tahun ini, BAZNAS telah menyalurkan dana zakat sebanyak Rp 4 milyar kepada seluruh mustahiq, dana tersebut sudah termasuk zakat fitrah. “Untuk periode pertama ini akan disalurkan dana zakat sebanyak Rp 121.000.700.

Potensi dana zakat yang seharusnya terkumpul untuk Kota Tanjungpinang jika dimaksimalkan bisa mencapai Rp 10 Milyar. Pemerintah Kota Tanjungpinang kami harapkan untuk memberikan dukungan secara maksimal untuk operasional pelaksanaan pengumpulan zakat. Untuk penerima zakat agar dapat memanfaatkan bantuan ini dengan baik dan semaksimal mungkin.” Jelasnya.

Kepala Kementerian Agama Kota Tanjungpinang, Drs. Erman Zarudin, M.M.Pd, dalam sambutannya memberikan apresiasi kepada BAZNAS Kota Tanjungpinang yang telah melaksanakan kegiatan ini secara berkala. Adanya peningkatan secara signifikan terhadap pengumpulan zakat yang ada di Kota Tanjungpinang. “Saya berharap Unit Pengumpul Zakat (UPZ) dapat dibentuk disetiap mesjid atau surau yang ada di Kota Tanjungpinang dan diberikan pemahaman terkait zakat agar lebih maksimal lagi.” Ungkapnya.

Penyerahan tersebut dilakukan sesuai dengan program BAZNAS Kota Tanjungpinang yakni Tanjungpinang Peduli yaitu bantuan modal usaha yang diserahkan dalam bentuk barang dagangan sebanyak 64 orang, Tanjungpinang Cerdas berupa beasiswa pendidikan sebanyak 6 orang, Tanjungpinang Sehat yaitu bantuan untuk pengobatan sebanyak 1 orang, dan fakir miskin 6 orang.

Acara ini dihadiri oleh Kepala Kementerian Agama Kota Tanjungpinang, Ketua BAZNAS Provinsi Kepulauan Riau, Anggota DPRD Kota Tanjungpinang dan pimpinan OPD Kota Tanjungpinang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *