BAZNAS Kota Tanjungpinang mengucapkan selamat atas terselenggaranya WZF 2019

Berita

World Zakat Forum (WZF) adalah sebuah forum yang mewadahi lebih dari 33 lembaga – lembaga zakat yang ada di seluruh dunia seperti Indonesia, Malaysia, Inggris, Mesir, Amerika Serikat, Brunei Darussalam, Qatar, Turki, Singapura, India, Bosnia Herzegovina, Arab Saudi, dll yang bertujuan untuk secara aktif berkontribusi dalam menuntaskan masalah ekonomi dan sosial melalui jaringan dan program – programnya.

Konferensi International World Zakat Forum merupakan sebuah event yang diselenggarakan setiap tahun dimana organisasi pengelola zakat untuk tercapainya tujuan kesejahteraan dunia. Kongres ini dihadiri oleh lebih dari 30 negara yang diwakili oleh organisasi pengelolaan zakat di masing-masiing negara. Konferensi internasional WZF 2019 merupakan kelanjutan dari konferensi tahun sebelumnya, Desember 2018 yang digelar di Melaka, Malaysia.

World Zakat Forum 2019 mengambil tema “”Optimizing Global Zakat Role through Digital Technology”. Prof Dr Bambang Sudibyo MBA CA yang juga menjabat sebagai Ketua BAZNAS, mengatakan Tema “Optimizing Global Zakat Role through Digital Technology” ini diambil karena saat ini teknologi 4.0 semakin dianggap sebagai keharusan dalam industri keuangan, dana zakat semakin dianggap sebagai bagian yang sangat penting dan sebagai sumber keuangan syariah sosial yang sangat potensial.

Selama ajang WZF berlangsung, 25 pembicara akan menyampaikan paparan mengenai pengelolaan zakat di era digital antara lain Dr. Syed Zafar dari India, Dr. Elnur Salihovic dari Bosnia-Herzegovina, Muhammad Lawal Maidoki dari Nigeria dan Dr. M. Ayub Miah Bangladesh. Selain itu dalam kegiatan ini juga digelar rapat tahunan yang akan diikuti oleh seluruh anggota WZF.

Baca Juga : Word Zakat Forum 2019 Lahirkan 7 Resolusi

“Para pembicara membahas berbagai materi seperti Fiqh kontemporer dalam zakat digital, peraturan dan peran pemerintah dalam digitalisasi zakat, manajemen zakat digital, manajemen risiko untuk lembaga zakat di era digital, memperkuat peran WZF melalui teknologi digital, serta mempererat kerja sama zakat antar negara di era digital,” ujarnya.

Berkaitan dengan event ini, ketua BAZNAS Kota Tanjungpinang memberikan ucapan selamat atas terselenggaranya event tahunan ini. “ Semoga dengan adanya event ini mampu menguatkan peran zakat baik regional maupun internasional” ujar beliau.

“Sebagaimana kita ketahui bahwa zakat merupakan kewajiban umat islam yang memiliki harta mencapai nisab. Meskipun dalam kenyataannya masih banyak tantangan dan problem yang harus diselesaikan. Nah, ini menjadi perhatian kita semua sebagai pengelola lembaga zakat” tambah beliau.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *